Overview – Plansys 2.0

O


“Fast, Compact, Mindblowing

Tiga kata tersebut, buatku beneran sangat menggambarkan tools programming ini. Namanya Plansys 2.0 (read : plensis two point zero). Tulisan kali ini akan membahas overview tentang magic tools tersebut. Berbasis PHP yang sangat umum digunakan untuk web programming, dengan core framework Yii1 yang dibungkus dengan angular js, tools ini sangat membantu dalam pembuatan aplikasi berbasis web dengan level kompleksitas menengah hingga tinggi. Sangat memangkas waktu developing dan membantu untuk pekerjaan tim (kolaborasi).

Key features-nya bisa dibilang, ehmm. . “mengerikan”(?). Ya. . gimana. . Plansys 2.0 memiliki drag-drop form builder, dimana buat bikin sebuah user interface yang pada umumnya di tulis dengan html, dengan Plansys 2.0 HTML NYA DI GENERATE-IN!!

Ga cuman itu, class model yang biasa nya di tulis manual, dengan Plansys 2.0 DI GENERATE-IN!!!

Ada yang lebih ngeri lagi, untuk bikin halaman (form) sekaligus algoritma (controller) untuk proses create, update dan delete (CRUD) data JUGA DI GENERATE-IN!!!!

Tiga key features itu aja udah bisa bikin software administrasi dengan waktu yang sangat cepat. Kegiatan menulis HTML, class model dan bahkan membuat CRUD yang umumnya di kerjakan dalam waktu hitungan hari terpotong menjadi hanya hitungan menit. Plansys 2.0 masih punya banyak fitur “Mindblowing” lainnya. Seperti :

  • Email Template
  • Background Processing (Service)
  • Multiple database connection
  • Built-in user/role management
  • LDAP Connection

Yang semua itu terkemas secara “compact” serta mudah digunakan dan dipelajari. Oh iya, satu lagi, tools ini GRATIS!

Plansys 2.0 merupakan rilisan resmi dari Plansys beta yang di inisasi tahun 2015 oleh salah satu ahli di PT. Andromedia, Rizky Ramadhan. Sempat di sponsori oleh Dikti dimana aku juga terdaftar sebagai tim. Selama pengembangannya, Plansys beta sudah digunakan untuk membangun banyak aplikasi. Aplikasi-aplikasi kecil, seperti :

  1. Conference Registration (FIB Unair)
  2. Sistem Otomasi Pembimbingan dan Pengajaran (FEB Unair)
  3. Document Management (Semen Gresik)
  4. Aplikasi Bahan Ajar (PIPS Unair)

Hingga sistem informasi berskala besar, seperti :

  1. Nota Dinas Online (Semen Indonesia Group)
  2. Invoice Tracking (Charoen Pokphand Indonesia)
  3. Logistik Online (Semen Indonesia Group)
  4. Exploration and Mining System (PT. Timah)

Powerfullness” dari Plansys beta sudah terbukti mampu melayani jutaan data dan ribuan user dan tentunya dengan waktu pembangunan aplikasi yang singkat (skala aplikasi di bagi waktu). Kini, dengan Plansys 2.0 yang lebih stabil, aku berharap banyak programmer Indonesia bisa terbantu.

Plansys 2.0 bisa di download melalui platform github dengan meng-clone repository utama nya. Cukup jalankan syntax berikut pada command-line di dalam folder aplikasi web kalian

git clone https://github.com/kamz-kun/plansys2.0.git

Misal, kalau di windows kalian pake apache, jalankan syntax diatas git bash di dalam folder “htdocs” (setting default apache), akan terdownload file-file core Plansys 2.0 dalam folder “plansys2.0” (tanpa tanda petik), rename folder tersebut menjadi “plansys” (tanpa tanda petik), lalu tembak url folder plansys tersebut lewat browser. Misal :

http://localhost/plansys

Harusnya akan tampil link bertuliskan “Continue Installation” seperti gambar berikut :

Klik saja link tersebut, Plansys 2.0 akan me-redirect ke halaman utama instalasi :

Jika, mengalami kesulitan untuk mendownload via git, kalian bisa langsung pergi ke repository online di https://github.com/kamz-kun/plansys2.0 lalu download zip nya dengan klik tombol seperti pada gambar

Langkah-langkah detail instalasi akan aku beberkan semua pada postingan selanjutnya. Sekian overview Plansys 2.0, bila kalian tertarik beri pendapat atau pertanyaan kalian melalui kolom komentar di bawah

Thanks for reading ^^

About the author

Kamz-kun

Add comment

By Kamz-kun

About Author

Kamz-kun

Instagram

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Recent Posts

Archives